Jumat, 17 Juli 2009

Sangeh Gianyar - Pariwisata


pariwisata sangeh, monyet monyet sanget, gianyar bali, sangeh gianyar

Sangeh, adalah sebuah tempat pariwisata di pulau Bali yang terletak di sebelah utara Ubud, kabupaten Gianyar.

Sangeh terkenal karena ini merupakan sebuah desa di mana monyet-monyet (beruk) berkeliaran dengan bebas di sebuah bukit bernama Bukit Sari. Di sana ada pula sebuah pura yang bernama Pura Bukit Sari. Monyet di sini berkuasa dan konon memiliki tiga wilayah kerajaan.


foto sangeh

Menurut legenda setempat Bukit Sari dan monyet ini berada di sana ketika Hanoman, sebuah tokoh dalam wiracarita Ramayana, mengangkat gunung Mahameru. Beberapa bagian gunung ini jatuh di sana dan sejak saat itu monyet berkuasa di sana.
Di Bali banyak akan anda jumpai monyet atau kera-kera penjaga pura menandakan bahwa tempat itu ada Betaranya. Spt Sangeh puluhan monyet hidup di sekitar hutan Pura. Anda pun bisa memberi makan monyet-monyet ini, ,tapi hati-hati yang membawa perhiasan giwang, kacamata, atau pernak-pernik lainnya kalau bisa dilepas atau disembunyikan di tempat yang aman kalo anda lengah Monyet ini akan datang ke arah anda dan dengan cepatnya tangan-tangan monyet ini akan mengambil barang anda tanpa bisa berbuat apa.

jd ingat dulu semasa Sd, saya di ajak tamasya sekolah... waa.. seneng banget rasanya ngeliat monyet dengan aktipitasnya... hahaaa... lucu n seru gitu deh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar